Home BERITA Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petir

Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petir

779
0
SHARE

Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petir. Insiden pesawat tersambar petir saat tengah mengudara memang menjadi mimpi buruk bagi dunia penerbangan.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, petir tidak lagi menjadi masalah.
Petir yang menghantarkan listrik itu bisa dinetralisir.

Seperti yang dijelaskan oleh pakar fisika Prof Yohanes Surya dalam websitenya. Menurut Yohanes, pesawat memiliki ‘penangkal petir’ sendiri yang disebut static discharger.

Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petir

Alat ini bertugas melepaskan muatan-muatan listrik statik.

Pada waktu badan pesawat terbang tersambar petir, muatan listrik di badan pesawat akan mengalir menuju static discharger yang berbentuk seperti batang lancip (menurut fisika, muatan listrik lebih senang mengumpul di ujung lancip).

Ketika muatan listrik yang terkumpul di static discharger sudah sedemikian banyaknya, muatan ini akan terlepas dengan sendirinya. Sehingga orang di dalam pesawat terbang aman.

Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petir

Badan pesawat yang ditutup oleh alumunium juga menjadi salah kunci sambaran petir tidak dirasakan penumpang.

Alumunium merupakan konduktor yang baik, jadi ketika petir menyambar pesawat, muatan listrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.

Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikan api. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk ke dalam pesawat.

Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir. Petir akan sangat berbahaya jika mengenai tangki bahan bakar atau mesin pesawat.

Beberapa insiden pesawat tersambar petir di antaranya yaitu: Pesawat Boeing 747 tersambar petir tak lama setelah lepas landas di Bandara Internasional Moskoq Vnukovo pada 2 Januari 2017.

Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petirUntungya insiden ini tidak menimbulkan kecelakaan. Pesawat tetap terbang menuju Sochi dengan selamat.

Insiden lainnya terjadi pada Februari 2016. Petir menyambar bagian ekor pesawat yang tengah terbang dari Abu Dhabi ke Paris.

Untungnya tidak ada kejadian atau masalah pasca sambaran petir.

Insiden sambaran petir juga menimpa pesawat Korean Air yang terbang dari Singapura menuju Seoul.Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petirSayap pesawat Boeing 777 itu tersambar petir. Dari foto yang diunggah oleh sejumlah media, kilatan cahaya terang dan membentuk bunga api terlihat di sayap kiri pesawat.

Meski begitu tidak terlihat kerusakan pada pesawat tersebut. Pesawat tiba dengan selamat di Korea Selatan.

Kalian yang sering naik Pesawat! Nggak perlu kuatir jika Pesawatmu tersambar petir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here