Home ENTERTAINMENT Begini penjelasan Dokter Soal Bayi yang baru lahir bisa jalan

Begini penjelasan Dokter Soal Bayi yang baru lahir bisa jalan

200
0
SHARE
Begini penjelasan Dokter Soal Bayi yang baru lahir bisa jalan

Begini penjelasan Dokter Soal Bayi yang baru lahir bisa jalan. Beberapa hari lalu sempat Viral Akun Facebook Arlete Arantes mengunggah video bayi yang baru lahir menggerakkan kakinya seperti berjalan, pada Jumat (26/5/2017).

Pada video berdurasi 41 detik itu, tampak seorang tim medis memegang tubuh sang bayi dalam posisi berdiri.

Tak disangka, kaki sang bayi bergerak seperti halnya orang berjalan.

Perlahan-lahan bayi tersebut berjalan hingga jarak kurang lebih setengah meter.

Hal yang menarik lagi adalah ketika sang bayi hendak ditidurkan. Bayi tersebut malah berontak dan kembali berjalan.

Hanya dalam tiga hari, video bayi berjalan ini telah ditonton lebih dari 72 juta. Serta mendapat like 332 ribu. Sudah satu juta akun membagikan ulang video ini.

Sebuah video di instagram menunjukkan aksi seorang bayi baru lahir yang bisa ‘berjalan’. Video ini diunggah oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Rodrigo da Rosa Filho dengan akun @dr.rodrigorosa.

Sejak diunggah pada Minggu (28/5) lalu, video ini sudah dilihat lebih dari 9.400 kali. Dalam video tersebut, nampak seorang bayi yang baru lahir kemudian diposisikan berdiri sehingga kakinya menapak di permukaan kasur.

Perlahan tapi pasti, si bayi melangkahkan kakinya seperti orang yang sedang berjalan.

“Bayi ini baru saja lahir dan sudah mulai berjalan? Saya pikir ini terlalu cepat atau dia ingin buru-buru keluar dari rahim?” tulis dr Rodrigo dalam keterangan video berdurasi 41 detik tersebut.

Bicara soal bayi baru lahir, apakah benar ketika kaki mereka ditapakkan ke permukaan maka otomatis mereka akan seperti sedang belajar berjalan?

Menanggapi hal ini, dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan bayi baru lahir memang memiliki refleks yang dinamakan walking atau stepping reflex.

Dikatakan dr Meta, refleks ini disebut juga dancing reflex. Nah, refleks ini pun akan menghilang setelah bayi berusia dua bulan.

“Kalau telapak kaki bayi kena permukaan datar, keluarlah refleks ini. Kayak bayi yang mau nyoba jalan, kaki yang satu ditempatkan di depan kaki yang lainnya,” kata dr Meta.

Menurut dr Meta, refleks seperti itu normal. Ibu satu anak ini menuturkan, refleks berjalan memang mempersiapkan kemampuan anak untuk bisa berjalan kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here