Home BERITA Ahok akan segera tertibkan Kampung Akuarium, ini tanggapan Anies – Sandi

Ahok akan segera tertibkan Kampung Akuarium, ini tanggapan Anies – Sandi

139
0
SHARE
Ahok akan segera tertibkan Kampung Akuarium, ini tanggapan Anies – Sandi. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan akan tetap menertibkan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.
Warga yang ingin tetap bertahan disarankan Ahok menunggu Anies Baswedan dilantik bulan Oktober. “Kita akan minta bereskan.

Kalau mereka bilang Pak Anies janji tidak bongkar, ya tunggu Pak Anies baru bangun (bangunan),” ujar Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Ahok belum bicara soal peruntukan kawasan Kampung Akuarium pascapenertiban yang kedua. Ahok masih menunggu kajian untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai cagar budaya.

“Kita lagi tunggu kajian untuk cagar budaya,” ujar Ahok.

Ahok sebelumnya menyebut Kampung Akuarium akan dibuat alun-alun dan plaza. Soal tak kunjung dilakukannya pembenahan, menurut Ahok, hal itu karena ada barang cagar budaya dan fondasi bangunan serta jembatan di lokasi.

“Itu memang (mau) bikin alun-alun, plaza,” kata Ahok pada Jumat (28/4). “Nggak berani sembarangan, itu sudah turun (tanahnya). Kalau nggak ada itu, kayak Kalijodo, langsung selesai tujuh bulan.

Kali Besar Barat juga mandek (karena) ketemu fondasi di Kali Besar bawah.Itu nggak bisa tutup semen kalau sudah ketemu barang cagar budaya seperti itu,” jelas Ahok.
Anies Baswedan – Sandiaga Uno menanggapi rencana Pemerintah Provinsi DKI yang akan menertibkan kembali bangunan semi permanen di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, dalam waktu dekat.

Anies mengaku telah mengetahui perihal tersebut. Hanya, dia enggan berkomentar banyak dan memilih fokus penyelesaian yang tepat dari rencana itu.

“Saya sudah dari Oktober bilang moratorium penggusuran,” tutur Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 3 Mei 2017.

Sementara itu, menurut Sandiaga, akan lebih baik jika suasana di Ibu Kota dapat dikondusifkan terlebih dahulu. Hal ini mengingat Pilkada DKI 2017 belum lama digelar.

“Ya kami melihat kita lagi susah payah rekonsiliasi agar suasana kondusif. Kita butuh bantuan semua pihak termasuk DKI (Pemprov) untuk mendinginkan suasana usai pilkada,” ujar Sandiaga.

“Kami bersedia bantu Pak Basuki dan Pak Djarot agar terjadi dialog dulu. Tentu jika dilakukan tanpa proses komunikasi yang cukup, apalagi mau Ramadan kan. Kita mau suasana kondusif,” lanjut dia.

 

 

Sandiaga berharap, dialog dan penerimaan aspirasi warga Kampung Akuarium dapat membangkitkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemprov DKI.

Nantinya, lanjut dia, keputusan yang dikeluarkan pemprov merupakan hasil dukungan warga Kampung Akuarium.

“Kita coba menggugah hati Pak Basuki dan Pak Djarot untuk memastikan tidak ada kegiatan yang dipaksakan tanpa adanya dialog dan dukungan warga,” Sandiaga menandaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here